Hazard Beri Warna Bagi Permainan Belgia

Rusia | Lentera Rakyat.com –Eden Hazard tidak mencetak gol dalam kemenangan  Belgia atas Jepangnamun gelandang De Rode Duivels layak menjadi man of the match.

Belgia menyudahi perlawanan Jepang yang amat fantastis. Keberanian dan kepercayaan diri Jepang menjadi ganjalan bagi Belgia yang digadang-gadang menjadi salah satu kandidat juara pada Piala Dunia 2018.

Sejak menit pertama Jepang menunjukkan perlawanan alot. Pembuktian Jepang datang di awal babak kedua lewat dua gol yang berjarak empat menit 16 detik.


Jepang gagal mempertahankan keunggulan tersebut, salah satunya berkat keberadaan Hazard. Sang kapten Belgia sejak awal sudah diprediksi akan menjadi motor permainan Setan Merah.

Setelah wasit Malang Diedhiou meresmikan laga, Hazard lantas sibuk mengatur alur bola. Pemain Chelsea itu tercatat melakukan 84 sentuhan bola.

Sentuhan Hazard kalah dibanding Kompany yang hampir 100 kali berinteraksi dengan bola. Jumlah umpan pemain 27 tahun itu juga bukan yang terbanyak. Hazard hanya melakukan 59 kali umpan, berada di bawah trio bek Belgia serta Axel Witsel.

Akurasi umpan Hazard pun tidak terlalu mentereng, hanya ada di kisaran 79,7 persen. Namun posisi bermain Hazard berada di area lapangan lawan atau tempat yang dipenuhi pemain Jepang.

Kedisiplinan pemain-pemain Samurai Biru menghalangi bola-bola kiriman Hazard kepada Romelu Lukaku, Yannick Carrasco, dan Dries Mertens yang menempati lini serang Belgia atau pemain-pemain lain yang sedang turut membantu serangan.

Permainan Belgia yang hidup tidak lepas dari kontribusi Hazard. Bermain di belakang Lukaku, Hazard berbagi tugas dengan Mertens menjadi pemecah pertahanan lawan.

Dibanding Mertens yang cenderung statis di sisi kanan berkolaborasi dengan Thomas Meunier, Hazard bergerak lebih dinamis di sisi kiri. Selain beroperasi bersama Carrasco, heat map Hazard juga terlihat memancarkan sinyal di dekat kotak penalti dan sisi kanan.

Pemain yang sudah mencetak 24 gol untuk timnas Belgia itu terbukti aktif berperan serta mengacak-acak pertahanan lawan.

Kendati dikerumuni lawan, jebolan akademi sepakbola Lille itu melepaskan lima umpan kunci. Catatan tersebut merupakan yang tertinggi di antara semua pemain.

Tiga tembakan ke gawang yang salah satunya mengenai tiang adalah catatan tertinggi kedua setelah Romelu Lukaku. Sementara untuk urusan mendribel bola, Hazard tercatat sebagai pemain yang paling banyak melakukannya. Dari enam upaya menggocek lawan, lima sukses dilakukan.

Satu assist Hazard pada gol kedua Belgia menjadi bukti kehadirannya dalam membantu Belgia mewujudkan impian meraih gelar di Piala Dunia.  (cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *