Dee Rodgers, Wanita Kulit Hitam Pertama Miss Universe Inggris

Lentera Rakyat.com — Dee Ann Rodgers menorehkan sejarah baru dunia kontes kecantikan Inggris.

Ia menjadi wanita kulit hitam pertama yang menyabet gelar Miss Universe Inggris Raya sejak kontes ini diinisiasi pada 1952 silam.

Wanita yang mewakili Anguilla, salah satu wilayah Inggris ini bakal mewakili Inggris Raya di ajang Miss Universe 2018 yang akan dihelat di Filipina pada Desember mendatang.

“Ini sangat mengejutkan dan saya pikir ini suatu kehormatan bagi saya untuk menjadi wanita kulit hitam pertama yang dimahkotai sebagai Miss Universe Inggris Raya,” katanya kepada BuzzFeed News dikutip dari Huffington Post.

Dia menambahkan kemenangannya ini menjadi tanda bahwa Inggris merupakan negara yang multikultur. Keragaman etnis, katanya, kini mampu naik panggung sehingga semua gadis-gadis kulit hitam serta dari semua etnis bisa melihat bahwa kontes kecantikan adalah tempat bagi semua.

Dee berhasil menyisihkan 40 kontestan lain dari berbagai wilayah di belahan Inggris Raya. Tak hanya berparas ayu, Dee juga seorang atlet. Ia pernah memenangkan medali perak untuk heptathlon di Amerika Tengah dan Caribbean Games, serta medali perunggu di CARIFTA Games.

Cabang olah raga ini merupakan gabungan dari tujuh jenis olah raga, sesuai namanya ‘hepta’ dari bahasa Yunani yang berarti tujuh. Heptathlon biasanya terdiri dari lari, lompat jauh, lompat tinggi, dan lempar lembing.

Sementara itu, Paula Abbandonato, direktur nasional Miss Universe Inggris Raya mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan kemenangan Dee.

“Saya menjabat sejak 2008 dan sejujurnya saya bisa berkata tak ada kado terbaik selain memiliki wanita kulit hitam pertama sebagai pemenang untuk merayakan 10 tahun pekerjaan saya,” ujarnya.

Menurutnya, Dee bisa menjadi panutan bagi semua wanita dengan beragam warna kulit. Paula pun yakin, mahkota Miss Universe bukan hal mustahil bagi Dee.

Tak hanya Paula, netizen pun mengungkapkan kebahagiaan dan dukungan mereka buat Dee.

“Saya suka saat orang mendobrak ‘standar kecantikan’, khususnya kawan saya wanita kulit hitam. Keunikan kita seharusnya dirayakan, tak sekadar ditoleransi,” tulis akun @preshdidddy di Twitter.

“Dee-Ann Kentish-Rodgers : Miss Universe Inggris Raya yang baru! Dia wanita kulit hitam pertama yang meraih gelar dan akan mewakili Inggris Raya di ajang Miss Universe. Selamat, @AsToldBy_Dee!” ujar Dionne Grant lewat akun @DionneGrant.

“Saat kawanmu menorehkan sejarah. Sejarah ada berkat kerja keras ratu ini. Wanita pertama yang dimahkotai sebagai Miss Universe Inggris Raya. Kami berdiri untuk ratu penoreh sejarah. #BlackGirlmagic #blackexcellence,” tulis akun @Anguilla_Born. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *