Rekayasa Hingga Penutupan Jembatan Ampera Saat Asian Games

Palembang | Lentera Rakyat.com – Pemprov Sumatera Selatan berencana melakukan rekayasa lalu lintas di jalan protokol mulai H-7 hingga H+7 Asian Games 2018 . Rekayasa lalin itu mulai dari buka tutup Jembatan Musi IV hingga penutupan Jembatan Ampera.

“Untuk di Jembatan Ampera, kendaraan pribadi tidak boleh melintas. Jadi semua kendaraan lewat jalur alternatif di Musi II atau Musi IV, di Ampera nanti hanya ada angkutan kota yang diberi izin melintas,” kata Kadis Perhubungan Sumatera Selatan, Nelson Firdaus, dikutif dari detik.com, Rabu (18/7/2018).

Sedangkan untuk Musi IV yang progres pembangunan baru mencapai 85 % itu, Nelson optimistis dapat difungsionalkan saat Asian Games. Namun untuk dapat melintas, Dishub akan memberlakukan sistem buka tutup.

Sistem buka tutup diberlakukan karena pembebasan lahan di proyek jembatan ada yang belum selesai. Sehingga ada penyempitan jalan di seberang Ulu dan Ilir Jembatan Musi IV.

“Ada penyempitan jalan menuju ke akses Jembatan Musi IV. Tentu ini juga menjadi pertimbangan buka tutup disana,” kata Nelson.

Hal senada dikatakan Kabid Operasional dan Lalulintas Dishub Kota Palembang Martha Edison. Menurutnya, masyarakat yang ingin melintasi Jembatan Ampera saat Asian Games hanya dapat menggunakan bus Trans Musi dan LRT.

“Ampera memang ditutup, tapi nanti ada 50 bus Trans Musi yang akan digunakan untuk angkutan Asian Games menuju ke Jakabaring. Atau alternatif lain ya pakai LRT, kan ini juga sudah beroperasi,” kata Martha.

Masih menurut Martha, 50 bus tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan. Bus siap beroperasi mulai dari H-7 hingga H+7 pelaksanaan Asian Games.

“H-7 sampai H+7 bus beroperasi, untuk kendaraan yang melintas di Ampera itu semua akan diberi stiker khusus. Tidak semua kendaraan bisa melintas, apalagi mobil pribadi,” tuturnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas