Jemaah Haji Mulai Memadati Masjidil Haram

Mekah | Lentera Rakyat.com – Dari hari ke hari, tingkat keramaian di Masjidil Haram, Mekah meningkat signifikan. Seiring dengan makin banyaknya Jemaah Haji yang datang ke kota suci, Masjidil Haram kini berjubel jemaah.

Hal di atas merupakan kesimpulan hasil pengamatan redaksi yang berada di Mekah sejak Kamis (19/7/2018). Masjidil Haram awalnya ramai dari hari ke hari makin dipadati jemaah.

Pemandangan mengenai padatnya Masjidil Haram itu tampak usai salat isya pada hari Kamis (26/7) malam ini. Untuk keluar setiap lapis area pun harus antre.

Hal serupa tampak di pelataran Masjidil Haram yang berada di gerbang King Abdul Aziz yang berhadap-hadapan langsung dengan Zamzam Tower. Lautan manusia yang mayoritas mengenakan warna putih memadati pelataran ini.

Pemandangan serupa juga tampak di jalanan kota Mekah. Dari yang awalnya sepi-sepi saja, kini mulai ramai.

Hotel-hotel yang hanya buka di musim haji, kini sudah mulai ‘hidup’ kembali. Ruko-ruko kosong dibuka dan menjadi toko, kebanyakan adalah toko kelontong.

Hari ini gelombang jemaah haji dari Indonesia mulai mengalir ke Mekah. Sebanyak 18 kloter bergerak dari Madinah ke kota kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

Dan mulai tanggal 30 Juli nanti gelombang jemaah haji kedua mengalir dari tanah air langsung ke Mekah via bandara Jedah. Akhir gelombang kedua ini pada 15 Agustus. Setelah itu Mekah ditutup karena ada puncak prosesi haji yakni wukuf di Arafah dilanjut ke Muzdalifah dan Mina. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *