Penanganan Karhutbunla Di Wilayah Sumsel Terus Dioptimalkan

Palembang | Lentera Rakyat.com — Mensukseskan perhelatan olahraga tingkat Asia di Kota Palembang yaitu Asian Games XVIII Tahun 2018 yang sebentar lagi akan digelar, Satuan tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) terus berupaya untuk menciptakan Sumsel Zero Asap, pada hari Jumat (27/7/18) Dansatgas Karhutbunla Prov. Sumsel yang juga menjabat sebagai Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, memberangkatkan pasukan Detasemen Teritorial Terbatas yang tergabung dalam Subsatgas Darat Karhutbunla untuk memperkuat Satgas terpadu Karhutbunla yang sudah ada dilapangan.

Pasukan Detasemen Teritorial Terbatas yang tergabung dalam Subsatgas Darat Karhutbunla yang diberangkatkan dari lapangan apel Makorem 044/Gapo kali ini berjumlah 275 personel dari satuan Tempur dan Banpur (Bantuan Tempur) BKO dari Kodam II/Sriwijaya. Pasukan ini akan disebar di 55 Desa rawan Karhutbunla yang dikelompokkan menjadi 9 wilayah pantau di wilayah Kab. OKI, Kab. Ogan Ilir, Kab. Muara Enim dan Kab. Banyuasin dalam rangka mendukung tugas pokok Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel.

“Selain melakukan operasi intai, Subsatgas Darat Karhutbunla ini juga akan melakukan sosialisasi door to door ke rumah masyarakat dan untuk meyakinkan masyarakat memahami pentingnya 2018 bebas asap, dan merubah perilaku masyarakat petani pemilik lahan perorangan maupun kelompok, dari budaya sonor tinggal ke budaya sonor tunggu berkelompok dan terkoordinir. Sehingga tidak ada kasus kebakaran di lahan petani,” terang Dansatgas Kolonel Inf Iman Budiman saat mengambil apel pemberangkatan.

Lebih lanjut Dansatgas menyampaikan, bahwa kebakaran lahan dapat diatasi oleh RPK (Regu Pemadam Kebakaran) darat dan Sub Satgas Udara BPBD Sumsel dalam waktu 1 x 24 jam, dan 24 jam berikutnya adalah fase pembasahan dan pendinginan.

“Satgas Karhutbunla Provinsi Sumsel saat ini masih efektif dalam mengendalikan situasi Karhutbunla di wilayah Sumsel khususnya di 4 Kabupaten prioritas yaitu Kab. OKI, Kab. Ogan Ilir, Kab. Muara Enim dan Kab. Banyuasin, sedangkan Subsatgas Darat Karhutbunla Prov. Sumsel yang diberangkatkan kali ini ditujukan untuk keamanan pelaksanaan Asian Games XVIII TA 2018 bersama-sama dengan masyarakat dan perusahaan selama 50 hari operasi,” jelas Dansatgas. (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas