Dinas PSDA Sumsel Pastikan Pintu Air Jakabaring Aman

Palembang| Lentera Rakyat.com  — Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Selatan memastikan kebocoran yang terjadi di pintu air solok udang 1 sudah dilakukan perbaikan, dengan cara menutup kebocoran yang ada dan saat ini sudah aman.

Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumsel, Ir Darma Budhi, senin (30/07/2018) mengatakan memang pada beberapa hari lalu terjadi kebocoran di pintu air solok 1, dan kebocoran itu terjadi karena kondisi penuaan besi yang mengakibatkan besi berkarat. Namun setelah diperbaiki tentu tidak ada kendala.

Menurut Budhi, secara umum pintu air yang ada didanau Jakabaring untuk mengatur kestabilan volume air sesuai ketinggian yang diperlukan, pada saat digunakan pada Asian Games mendatang. Namun sebelum digunakan dengan kondisi yanga ada saat ini, setiap harinya volume yang ada mengalami penguapan, sehingga perlu ada penyeimbang pasokan air.

“ Makanya setiap malam dalam waktu tertentu, terutama pada malam hari, pintu air yang berjumlah 6 tersebut beberapa dibuka, untuk memasok air dari duluar sebagai penyeimbang, sesuai yang dibutuhkan,” Katanya.

Memang harus dikaui, ada kontradiksi antara keinginan pengelola danau seiring dengan kadar Ph, sehingga  pasokan air juga harus diatur agar tidak berlebihan sesuai kapasitas yang dibutuhakan untuk menjaga agar tidak berdapak terhadap kadar Ph yang ada.

Sementara dari sisi PSDA, ketahanan serta ketinggian air di danau harus berstandar, oleh karenannya perlu ada pasokan air dari luar, untuk menjaga berkurangnya air  1-2cm setiap hari.

“ Oleh karenanya kami juga menggunaki masa pasang air dari Sungai Ogan, dan akan  terus berkoordinasi dengan pengelola air, agar air tidak berkurang sementara kadar Ph juga bisa terjaga,” urainya. (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas