Cegah Karhutbunla, Satgas Dan Pihak Terkait Gelar Pertemuan

Palembang | Lentera Rakyat.com — Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutbunla Prov. Sumsel sekaligus sebagai Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, mengajak pihak terkait yang tergabung dalam Satgas Karhutbunla wilayah Sumsel kembali secara bersamaan membahas penanganan Karhutbunla yang sedang dilakukan saat ini.

Bertempat di Makorem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang, Selasa (31/7/2018), dibahas beragam isu terkait penanganan Karhutbunla dalam rangka pengamanan Asian Games XVIII Tahun 2018. Selain persoalan penegakkan hukum pelaku pembakaran hutan, kebun dan lahan serta kegiatan lain dalam rangka pencegahan Karhutbunla itu sendiri.
Dansatgas Kolonel Inf Iman Budiman,  menyampaikan evaluasi dan langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan penanggulangan kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Sumsel.
“Sebagai catatan, program penanganan Karhutbunla disebabkan faktor yang kompleks dari aspek sosial, politik dan ekonomi. Jadi penyelesaiannya pun harus komprehensif dan kolaboratif multipihak. Untuk mencegah kebakaran, selain berkolaborasi dengan masyarakat di tingkat bawah, juga membangun sistem deteksi dini dan peningkatan sarana dan prasarana untuk pengendalian kebakaran,” ungkap Kolonel Inf Budiman.
Lebih lanjut, Dansatgas juga menjelaskan kepada seluruh tamu undangan, bahwa Subsatgas Darat Karhutbunla telah diperkuat oleh pasukan Detasemen Teritorial dari Korem maupun pasukan BKO dari Kodam II/Sriwijaya yang telah disebar ke 55 Desa rawan Karhutbunla dan dikelompokkan menjadi 10 wilayah pantau di empat Kabupaten yaitu Kab. OKI, Kab. Ogan Ilir, Kab. Muara Enim dan Kab. Banyuasin dalam rangka mendukung tugas pokok Satgas Karhutbunla Prov. Sumsel. Pasukan ini bertugas melakukan operasi intai dan sosialisasi door to door ke rumah masyarakat guna meyakinkan tidak ada lagi pembakaran.
“Satgas Karhutbunla telah melakukan berbagai upaya pencegahan, Subsatgas darat secara intensif melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat serta melakukan penindakan bila terjadi kebakaran, begitu juga yang dilakukan Subsatgas udara. Dan pada hari ini (Selasa, 31/7) akan datang bantuan personel dari Pusat yaitu pasukan dari Kostrad untuk melakukan operasi Karhutbunla dalam rangka pengamanan Asian Games XVIII Tahun 2018,” tegasnya (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas