Fakhri: Timnas Indonesia U-16 Memang Layak Kalahkan Malaysia

Sidoarjo | Lentera Rakyat.com — Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini menegaskan skuatnya memang layak menang atas Malaysia dengan skor 1-0. Ia senang strategi yang diterapkan sukses mengalahkan Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Sidoarjo, Kamis (9/8) malam.

Berkat kemenangan tersebut, Indonesia melaju ke final dan akan menghadapi Thailand U-16, Sabtu (11/8). Satu-satunya gol Garuda Asia dicetak Amirudin Bagus Kahfi melalui tendangan penalti pada menit ke-72.

Fakhri menerangkan salah satu strateginya yang berhasil dilakukan adalah pergantian pemain pada menit ke-68. Ia menarik keluar Andrea Oktaviansyah digantikan dengan Hamsa Lestaluhu.

“Syukur Alhamdulillah pergantian pemain yang saya lakukan sudah tepat. Hamsa dengan satu umpan terobosannya mampu memberikan peluang yang sangat baik. Di luar itu, kami memang layak untuk menang di pertandingan ini,” ujar Fakhri kepada PSSI dalam video yang diunggah di Instagram.

Fakhri sendiri mengakui tak mudah menghadapi Malaysia yang bermain lebih bertahan dan tak mau meladeni permainan Garuda Asia secara terbuka pada laga itu.

“Ini pertandingan yang ketat. Saya [tadinya] berharap Malaysia bermain terbuka, tapi ternyata mereka bermain aman, mereka bermain bertahan dengan cukup baik. Mereka mencoba memanfaatkan momen-momen untuk serangan balik,” terang Fakhri.

Strategi Harimau Malaya Muda itu tak mengurangi Fakhri dalam mencari strategi alternatif dalam pergantian pemain. Strategi memasukan Hamsa pun cukup jitu. Berkat umpan terobosannya kepada Supriadi, Indonesia U-16 mendapatkan hadiah penalti.

Supriadi yang merangsek di dalam kotak penalti dijatuhkan kiper Malaysia, Abdul Alim Al Amri pada menit ke-70.

“Kami mendominasi pertandingan dan punya banyak peluang. Saya bangga dengan apa yang sudah diperlihatkan para pemain,” ucap Fakhri.

Selain itu, ia mengaku senang dan terharu dengan dukungan luar biasa dan sportif yang diperlihatkan para pendukung Merah Putih.

“Saya juga bangga dengan yang diperlihatkan para penonton bahwa kita bisa menunjukkan sebagai bangsa yang besar, bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportif dan respek. Terimakasih kepada pemain dan penonton Timnas Indonesia,” ujar Fakhri. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *