Press "Enter" to skip to content

Sebagai Ujung Tombak, Babinsa Harus Profesional

Palembang (Lentera Rakyat) — Komando Distrik Militer (Kodim) 0418/Palembang menggelar apel Danramil dan Babinsa Tersebar Tahun 2017 yang merupakan program bidang Teritorial yang diselenggarakan sekali dalam setahun, yang kali ini diselenggarakan di Balai Prajurit Kodam II/Sriwijaya Jln. Sekanak Kota Palembang, Rabu (27/12/2017).

Apel yang akan dilaksanakan selama dua hari ini dibuka langsung oleh Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. dengan mengambil tema “Melalui kegiatan apel Danramil dan Babinsa kita tingkatkan kemampuan aparat Kowil dalam rangka menghadapi permasalahan di wilayah binaan melalui pelaksanaan Binter untuk mendukung tugas pokok TNI AD ke depan”.

Adapun tujuan digelarnya apel ini guna menyamakan visi dan misi kebijakan pimpinan melalui Danramil dan Babinsa yang merupakan ujung tombak dalam melaksanakan tugas pokok satuan kewilayahan dan Babinsa untuk dapat menunggal dengan rakyat serta turut mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

 Selain itu apel tersebar ini dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit di Satkowil, khususnya para Danramil dan Babinsa sehingga dapat menghadapi tantangan tugas di masa mendatang.

Danrem 044/Gapo mengatakan, aparat Komando Kewilayahan merupakan unsur pelaksana yang bertugas melaksanakan Binter di wilayah binaannya, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya selalu berkoordinasi dengan aparat terkait lainnya, apalagi menghadapi tahun pemilu 2018 dan 2019 kita harus jaga netralitas TNI.

Kepercayaan rakyat akan menjadi meningkat bila pelaksanaan Pemilukada dapat berlangsung secara demokratis, maka diperlukan netralitas TNI yang menjadi suatu jaminan pertaruhan terhadap tetap tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” terang Danrem.

Lebih lanjut Danrem juga menyampaikan, dalam waktu dekat di Sumsel akan digelar Asian Games 2018 yang akan melibatkan aparat TNI maupun Polri dalam pengamanan, baik pengamanan di venue, tempat menginapdan lalu lintas maupun tempat lain yang dikunjungi atlet dan suporter yang terlibat dalam Asian Games.

“Dalam tugas pengamanan, semua prajurit agar tetap pegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Delapan  Wajib TNI serta jaga kekompakan dan soliditas TNI-Polri,” pungkas Danrem.

Sementara itu Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, SE, M.Si., MM. menyampaikan, kegiatan apel ini diikuti oleh lebih dari 200 personel, yaitu seluruh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0418/Palembang. Selain kegiatan apel juga akan diisi beberapa materi diantaranya dari Danrem 044/Gapo, Polresta Palembang, Walikota Palembang, DPRD, Dinas Pertanian, KPUD, Kesbangpol Linmas dan BNPB Kota Palembang. (Penrem-dhie)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *