Press "Enter" to skip to content

Tebar Bios 44 Di Kolam Ikan Dan Kebun Kelapa Di Sungsang

Banyuasin (Lentera Rakyat) — Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. bersama Camat Sungsang Sopian Permana didampingi Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP., Danramil 401-06/Sungsang Kapten Inf Kusnandar, Kapolsek Sungsang AKP Samingun serta seluruh Kades se-Kecamatan Sungsang melakukan penebaran Bios 44 di kolam ikan dan kebun kelapa di Desa Marga Sungsang Kec. Sungsang Kab. Banyuasin, Jumat (19/1/2018).

Dalam kegiatan ini, Danrem 044/Gapo beserta rombongan yang datang ke Sungsang dengan menggunakan Sepeda ini, sebelum melakukan penebaran Bios 44, Danrem 044/Gapo langsung memberikan sosialisasi kepada Camat dan para Kepala Desa jajaran Kecamatan Sungsang serta seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sosialisasinya disampaikan bahwa, Bios 44 adalah Bio Struktur (Dekomposer Gambut) yang merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut. Selain mengatasi kebakaran lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang.

Danrem juga menyatakan, di wilayah Sungsang yang mayoritas merupakan lahan gambut sangat cocok untuk diberi Bios 44 pada kolam budidaya ikan dan lahan perkebunan maupun persawahan, karena dengan diberi Bios 44 ini dapat menteralisir keasaman tanah atau meningkatkan Ph tanah, sehingga ikan maupun tanaman dapat tumbuh subur yang akan meningkatkan hasil produktivitasnya.

Usai memberikan sosialisasi Bios 44, dilanjutkan penebaran Bios 44 di kolam ikan yang membudidayakan ikan jenis Nila dan Patin serta penebaran pada tanaman kelapa. Terlihat masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan penebaran Bios 44 ini, karena Bios 44 dapat memberikan solusi sebagai pupuk alternatif dalam mengembangkan budidaya ikan maupun perkebunan kelapa, dimana pakan ikan maupun pupuk organik saat ini dirasa sangat memberatkan bagi petani.

Pemilik lahan Bapak Syam (62) mengaku senang mendapat bantuan Bios 44 sebagai pupuk alternatif dalam budidaya ikan dan kebun kelapanya, “Disini daerah lahan gambut yang airnya masam, untuk pelihara ikan susah karena banyak yang mati dan tanaman kelapa susah tumbuh, dengan adanya Bios 44 ini kami berharap ikan peliharaan tidak mati dan tanaman kelapa cepat subur” terang Syam.

Sementara itu, Camat Sungsang Sopian Permana menyampaikan, pada awalnya mengenal Bios 44 berkat informasi dari Danramil 401-06/Sungsang Kapten Inf Kusnandar. Dimana Bios 44 yang diciptakan Korem 044/Gapo adalah dalam rangka mencegah kebakaran di lahan gambut yang sering terjadi di wilayah Sumsel, kali ini Bios 44 telah berkembang yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

“Untuk itu saya minta pada Pak Danramil untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat Sungsang tentang Bios 44 ini, ternyata bukan saja Danramil yang nyampaikan malah Danrem 044/Gapo langsung dan Dandim 0401/Muba yang datang,” ungkap Camat.

Lebih lanjut Camat Sungsang menyampaikan terimakasih kepada Korem 044/Gapo yang telah memberikan sosialisasi dan bantuan Bios 44 untuk masuarakat di wilayah Sungsang. Dan bagi masyarakat yang belum dapat bantuan Bios 44 dapat langsung mengambil di Makorem 044/Gapo secara gratis. (Penrem-dhie)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *