Press "Enter" to skip to content

Bos PD Ratu Cantik Diancam Bui 15 Tahun

Palembang (Lentera Rakyat) — Sidang kasus pembalakan liar dengan agenda pembacaan dakwaan dan menghadirkan terdakwa RP dengan posisinya sebagai Direktur Perusahaan PD Ratu Cantik dan MR sebagai karyawannya, senin sore (05/02/2018) mulai digelar di Pengadilan Negeri Palembang

Dalam surat dakwaan yang dibacakan dipersidangan, RP dijerat lima pasal berlapis dengan tuduhan menerima, membeli, mengelola dan menjual hasil kayu ilegal. Sementara MR yang berperan sebagai sopir pengangkut kayu didakwa dengan ancaman hukuman yang lebih ringan.

Jaksa Penuntut Umum, Reda Manthovani, menyebutkan, MR didakwa dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. Namun bagi RP dengan sederet perbuatan melanggar hukum yang dilakukannya, dijerat beberapa pasal dengan ancaman maksimal hingga 15 tahun penjara.

“Karena sopir ini perannya hanya sebagai pengangkut sehingga ancaman hukumannya lebih rendah. Namun pemilik perusahaan melakukan beberapa perbuatan mulai dari membeli, mengolah lalu menjual sehingga didakwa dengan tuntutan hukuman yang lebih berat,” Jelas Reda kepada wartawan usai persidangan.

Persidangan juga menghadirkan dua orang saksi Polisi Kehutanan dari Kantor Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPHLHK) Wilayah Sumatera Seksi Wilayah III. Kedua saksi membeberkan bagaimana kedua terdakwa akhirnya dapat tertangkap dalam aksinya.

“Sengaja sidangnya digabung karena saksi-saksinya kebanyakan sama dan waktu (perkara-nya) berdekatan. Berdasarkan yurisprudensi, majelis hakim mengizinkan,” jelas Asisten Pidana Umum Kejati Sumsel ini.

Terkait sidang kasus ini, penuntut umum menyiapkan 10 orang saksi termasuk saksi ahli. Delapan saksi lainnya akan hadirkan dalam persidangan dengan agenda mendengar keterangan saksi yang diagendakan akan digelar pekan depan. Selanjut dijadwalkan sidang akan dilanjutkan pekan depan.

“Selanjutnya direncananya kami akan hadirkan lima orang saksi lainnya minggu depan, tapi bila waktunya memungkinkan bisa semuanya dihadirkan,” pungkasnya.(dva).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *