Press "Enter" to skip to content

Tri Lomba Karya Tunas Bangsa IV Se-Sumsel 2018 Digelar

Palembang (Lentera Rakyat) —  Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes,  menjadi Inspektur Upacara Pembukaan Tri Lomba Karya Tunas Bangsa IV Se-Sumatera Selatan Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Saka Wira Kartika binaan Kodim 0418/Palembang bertempat di Lapangan  Kamboja Jln. Mayor Santoso Kel. D-3 Kec.  Ilir Timur I Kota Palembang, Minggu (4/2/2018).

Lomba yang diikuti ribuan siswa siswi tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA ini dengan mengambil tema “Mari Tingkatkan Solidaritas, Keakraban dan Mempererat Silahturahmi Antar Sesama Anggota Pramuka”. Adapun perlombaan yang dipertandingkan berdasarkan tingkatan, yaitu tingkat Penggalang Sekolah Dasar (SD) meliputi lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), pionerring Bendera 211 tampa pasak dan lomba mewarnai lambang Saka.

Untuk tingkat Penggalang Sekolah Menenga Pertama (SMP) yaitu lomba Latihan Tehnik Baris Berbaris (LTBB), pionerring mini Gapura Kreasi dan Flower Bucket. Sedangkan tingkat Penegak Sekolah Menenga Atas (SMA) yaitu lomba Latihan Tehnik Baris Berbaris (LTBB), Pionerring Mini Robot dan Komik Pramuka.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, mengatakan, digelarnya Tri Lomba Karya Tunas Bangsa IV ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat segenap anggota Gerakan Pramuka khususnya di wilayah Sumatera Selatan yang senantiasa menjaga kekompakkan, persatuan dan ketaatan serta meningkatkan tali persaudaraan antar sesama anggota Gerakan Pramuka.

“Kegiatan Tri Lomba Pramuka ini diharapkan dapat memupuk rasa kedisiplinan, kekeluargaan, saling menghormatidan dan tentunya meningkatkm keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa”, ungkap Dandim.

Selain itu, Letkol Romas juga menyampaikan, bahwa kegiatan perlombaan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu kegiatan yang bersifat kompetitif bagi adik-adik untuk meraih dan mencetak prestasi dan menunjukan kemampuan yang telah didapat dari gugus depan masing-masing.

“Berlombalah dengan sportif dan selalu mengedepankan serta menjunjung tinggi rasa persaudaraan, bersainglah secara sehat dalam mencapai hasil yang maksimal. Dan pada saatnya nanti adik-adik akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa ini, persiapkan diri dengan baik dengan bekal pengetahuan dan keimanan”, terangnya.

“Pesertanya tidak hanya dari Kota Palembang saja, namun juga beberapa perwakilan Gugus Depan dari luar daerah seperti OKI, Empat Lawang, Prabumulih, Musi Banyuasin, Muara Enim dan lainnya. Bahkan ada juga perwakilan Gugus Depan dari Lampung,” sebut Perwira Melati Dua ini.

Sementara itu, Sekretaris Pramuka Kwartir Cabang Kota Palembang Agus Kelana sangat mengapresiasi lomba yang diinisiasi oleh Saka Wira Kartika binaan Kodim 0418/Palembang. Menurut dia, lomba ini bisa membangun karakter anak yang berbudi luhur dan pekerja keras. Oleh sebab itulah, kegiatan pramuka menjadi kegiatan ekstra kurikuler yang wajib ada di sekolah.

“Kita juga berharap pemenang lomba ini bisa menjadi perwakilan di tingkat pusat,” harap Agus. (Penrem-dhie)

 

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *