Press "Enter" to skip to content

Korem 044/Gapo Temukan Alat Pengolah Limbah Merkuri

Jakarta (Lentera Rakyat)  — Danrem 044/Gapo beserta tim Gator melakukan Presentasi mengenai penanggulangan serta penanganan Karhutla di Sumatera Selatan di hadapan Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (B3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Dirjen Pengelolaan Limbah B3 beserta staf dan Tim Gator (Gapo Team of Research), Danrem juga melakukan presentasi alat pengolah limbah merkuri dan industri yang saat ini sedang dikembangkan di Korem 044/Gapo.

Danrem 044/Gapo Kol Inf Kunto Arief Wibowo, Jum’at (09/02/2018) menyampaikan, kegiatan yang dilakukannya di Kementerian LHK tersebut selain dalam rangka menyampaikan upaya persiapan menangani Karhutla di Sumsel, juga mempresentasikan alat pengolah limbah merkuri dan industri yang saat ini dikembangkan KOrem 044/Gapo kepada Dirjen Pengolahan B3 Kementerian LHK.

“ Kita mempresentasikan tentang upaya selama ini yang telah dilakukan oleh jajaran Korem 044/Gapo, mnegenai penaganan Karhutla juga mempresentasikan alat pengolah limbah merkuri dan industri di Dirjen Pengolahan B3 Kementerian LHK yang saat ini sedang kita kembangkan,” Katanya.

Menurutnya, berbagai upaya terus dilakukan oleh jajaran Korem 044/Gapo,  baik itu masalah pencegahan terjadinya Karhutla yang dapat berdampak terhadap lingkungan dengan memberikan solusi, juga terus melakukan inovasi yang dikemudian dapat digunakan secara mudah dengan biaya yang murah.

Sementara itu, Dirjen Pengolahan B3 Kementerian LHK Yun insiani, menyampaikan pertemuan ini juga dimaksud untuk mendengarkan laporan mengenai pengelolaan limbah B3 yang didasarkan pada kompleksitas permasalahan dan tantangan pengelolaan limbah B3 dimasa mendatang terutama di wilayah Sumatera Selatan.

Menurutnya untuk meminimalisir pencemaran dan mengurangi resiko paparan limbah B3 terhadap kesehatan masyarakat, maka kedepan diperlukan kerjasama dan upaya bersama yang lebih maksimal.

“Kita harapkan melalui pertemuan ini, kita bisa mendapatkan masukan serta kajian yang akan dilakukan kedepan, kita juga mengapresiasi mengenai inovasi yang dilakukan oleh Korem 044/Gapo terutama tentang inovasi alat pengolah limbah merkuri,” ungkapnya. (dhie)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *