Presiden RI Joko Widodo Naikkan Tunjangan Babinsa

Jambi | Lentera Rakyat.com — Sebanyak 3.316 personel Babinsa (Bintara Pembina Desa) se-Sumatera, menerima arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Minggu (16/12/2018) bertempat di Balairung Pinang Masak, Universitas Jambi, Provinsi Jambi.

Mengawali acara, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Presiden RI Joko Widodo untuk memberikan pengarahan kepada para Babinsa se-Sumatera

Panglima TNI juga telah melaporkan bahwa, telah hadir dihadapan Presiden Joko Widodo, Bintara Pembina Desa (Babinsa) sejumlah 3.316 orang Babinsa dari wilayah Kodam II/Swj, termasuk Babinsa wilayah pesisir dari TNI AL dan Babinsa sekitar Bandara dari TNI AU, ditambah perwakilan Babinsa masing-masing, 60 orang Babinsa dari Kodam Iskandar Muda (IM) dan 60 orang Babinsa dari Kodam I/Bukit Barisan (BB).

Selanjutnya Panglima TNI mempersilahkan Presiden RI Joko Widodo untuk memberikan pengarahannya.

Pada sambutan sekaligus arahannya, Presiden memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Babinsa baik yang berada dipenjuru tanah air atas pengabdian, atas dedikasi, atas kerja keras bersama-sama dengan Polri menjalankan tugas Negara menjaga keamanan dan menjaga ketertiban selama melaksanakan tugas dilapangan.

Sebagai Presiden, Kepala Negara dan Panglima Tertinggi TNI, memberikan perhatian yang sangat besar atas peningkatan profesionalisme, yang terutama berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa.

Tahun lalu saya sudah perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk siapkan anggaran bagi peningkatan tunjangan kinerja Babinsa dan mulai Juli kenaikan tunjangan Babinsa sudah diterima.

Dengan rincian Babinsa Type A dari Rp. 104.000 /bulan, menjadi Rp. 900.000 / bulan sedangkan Babinsa Type B dari Rp. 440.000 / bulan menjadi Rp. 1.200.000 / bulan.

Tujuan dinaikkannya tunjangan kinerja Babinsa, “karena saya tau Babinsa adalah berada pada posisi barisan terdepan dalam menjaga keamanan, dalam menjaga kedaulatan, ikut dalam menjaga ketertiban yang ada di desa-desa dan kalau kita sadar dan tau bahwa Negara kita adalah Negara yang sangat besar “, jelasnya.

Kita memiliki 74 ribu Desa, memiliki 60 ribu Babinsa seluruh tanah air dan Indonesia memiliki 17 ribu pulau serta Negara kita banyak memiliki perbedaan yang majemuk.

Kita juga memiliki 714 suku dan 1.100 lebih bahasa daerah/lokal, 514 Kabupaten dan Kota serta 34 Provinsi betapa Negara kita Negara yang sangat besar.

Akhirnya pada kesempatan ini saya mau titipkan pada seluruh anggota Babinsa yang pagi hari ini hadir dan apa yang harus kita lakukan.

Sebagian tugas-tugas yang saudara kerjakan dilapangan mempunyai tantangan yang dihadapi kedepan semakin hari bukan semakin mudah tetapi semakin besar dan semakin sulit.

“Babinsa harus memiliki kemampuan dan komunikasi sosial bergaul dengan komponen masyarakat, bergaul dengan sesama TNI dan Polri”, ungkapnya. (adnor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *