Kodim 0418/Palembang Ajak Warga Ikrar Bendera

Palembang | Lenetera Rakyat.com — Peringatan Hari Bela Negara ke-70 tahun 2018 di wilayah Pemkot Palembang digelar di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang dengan Inspektur Upacara Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dan selaku Komandan Upacara Komandan Koramil 418-02/Pakjo Kapten Inf Fariq Abduh, Rabu (19/12/2018).

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, bahwa diera digital ini banyak sekali pemenuan di era robotik yang digunakan.

“Tahun ini negara kita sudah memulai langkah dengan merampungkan RoadMap Industri 4.0. Saya tegaskan bahwa RoadMap ini bukan untuk gagah-gagahan. RoadMap ini pun dapat dianggap sebagai manifestasi Bela Negara. RoadMap ini mengakselerasi kesiapan rakyat menghadapi era robotik. Era dimana ratusan ribu jenis pekerjaan manual akan digantikan oleh teknologi-teknologi disruptif.

Oleh karena itu, wujud Bela Negara di tengah teknologi disruptif bukanlah larut dalam disruption dan tenggelam dalam teknologi disruptif. Justru bangsa kita harus sekuat tenaga mempertahankan makna pembangunan berkelanjutan baik dalam konteks sosial maupun alamiah”, jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa dalam konteks sosial, kemampuan generasi milenial mengantisipasi kecepatan perubahan dunia tidak boleh terlepas dari pondasi budaya, kearifan lokal, dan nilai-nilai luhur bangsa.

“Dalam konteks alamiah, penghargaan bangsa kita terhadap kelestarian lingkungan adalah wujud Bela Negara yang sangat penting”, tegasnya.

Selain itu, Presiden RI juga menyampaikan melalui amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Walikota Palembang, bahwa bela negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap aparatur negara baik Sipil maupun Militer, yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok Tanah Air sesungguhnya sedang melakukan bela negara, merekalah yang telah membuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya.

“Melalui sinergitas antar segenap elemen bangsa Indonesia, baik itu yang dilakukan sipil dan militer, pelaku usaha, belajar dan mengajar, mewartakan berita hingga yang menjadi teladan masyarakat, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil dan makmur serta berkepribadian dalam kebudayaan”, terangnya.

Usai melaksanakan upacara, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda memberikan piagam penghargaan kepada Camat terbaik se-Kota Palembang yang diraih oleh Camat Alang-Alang Lebar disusul Camat Ilir Timur 1 dan Camat Kalidoni. Dan diakhir acara seluruh peserta upacara dan tamu undangan bersama-sama menyaksikan pentas Saroval Anam bela diri dan Ikrar Bendera dari Kodim 0418/Palembang. (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *