Nataru, Pengusaha dan Pedagang Diminta Jaga Stabitas Harga

Palembang | Lentera Rakyat.com — Untuk memastikan ketersediaan Sembilan Bahan pokok (Sembako) di Kota Palembang dalam kondisi aman dan mencukupi  terutama menjelang  Natal dan tahun baru 2019.  Gubernur Sumsel H Herman Deru   bersama dengan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara melakukan sidak di  Pasar Cinde Palembang (21/12) pagi.

Selain mengecek arus distribusi sembako lancar atau tidak, HD juga memastikan  agar tidak terjadi lonjakan harga bahan pokok jelang Natal dan tahun baru 2019 .
Meskipun kondisi pasar becek karena habis diguyur hujan, tidak menyurutkan niat HD menyusuri hampir semua lorong los pasar Cinde yang persis terletak di jantung kota Palembang tersebut, bahkan Gubernur menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah pedagang terkait dengan harga sayur dan bumbu dapur.
Ditemui usai meninjau pasar, HD menuturkan sengaja menyambangi Pasar Cinde untuk mengecek langsung terkait dengan kondisi harga sembako termasuk memastikan jangan sampai terjadi lonjakan yang tidak wajar sehingga menyulitkan masyarakat.
“Setelah  kita cek ternyata aman, artinya suplai terjaga disini,  baik  itu barang maupun komoditas hasil pertanian seperti beras atau sayur mayur semuanya dalam kondisi aman dan normal,” ucap HD.
Herman Deru tetap mengingatkan  agar pengawasan terkait dengan ketersedian stok sembako jangan sampai lengah, karena itu dia meminta OPD terkait untuk melakukan pengawasan jangan sampai ada penimbunan barang yang dilakukan oknum dengan alasan mencari keuntungan yang lebih besar.
Terkait dengan keberadaan Pasar Cinde, HD menegaskan, Pasar Cinde merupakan pasar traditional di Kota Palembang yang cara transaksinya masih tradisional dan hal tersebut patut dipertahankan sebagai bentuk budaya menjaga silaturahmi.
“Ciri khas di Cinde ini budaya silaturahminya, jadi bukan hanya sekedar transaksi antara pembeli dan penjual tapi ada interaksi silaturahnmi yang harus dipertahankan,” terangnya
Sedangkan terkait pembangunan Pasar Cinde atau Aldiron Plaza Cinde HD menegaskan, tetap on schedule dimana tanggal  5 Desember 2018 lalu telah dilakukan rapat pemantapan terkait pembangunan pasar cinde.
“5 Desember lalu sudah Saya minta pak  Wakil Gubernur untuk rapatkan semua yang terkait pembangunan pasar cinde ini, satu bulan diminta untuk ada gerakan, ada aksi khusus yang signifikan dilakukan oleh pihak pemborong. Saya minta ini tetap on schedule,” tegasnya
Untuk diketahui  dari sidak Gubernur HD, harga cabai merah keriting saat ini berada pada level Rp. 50.000,_ per kg,  sedangkan  cabe rawit  lebih mahal yakni Rp. 60.000,’/kg. sedangkan harga telur ayam negeri  Rp. 20.000/kg , daging sapi Rp. 130.000/kg. (dhie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *