Press "Enter" to skip to content

Tol Trans Sumatera Jadikan OKI Daerah Pontensial

Kayu Agung | Lentera Rakyat.com – Dialog Nasional 37 Indonesia Maju di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dipusatkan di Gedung Kesenian Kayu Agung Kabupaten OKI menghadirkan narasumber Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumsel Herman Deru, Sabtu (22/12/2018).

Pada dialog tersebut juga terfokus pada hasil pembangunan yang telah dijalankan dalam kurun waktu lebih kurang lima tahun terkahir, dimana pembangunan di Indonesia dinilai banyak pihak telah banyak membawa kemajuan dengan pesat dari segi pembangunan infrastruktur yang diikuti dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Dalam dialog tersebut Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memuji Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai sosok pemimpin  yang dinamis, bersahaja dan produktif.
Selain itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga memutarkan video pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo yang  hasilnya  dapat dinikmati  oleh generasi sekarang bahkan generasi Indonesia dimasa datang berupa tersediannya insfrastruktur yang  merata di seluruh pelosok tanah air.
Lebih lanjut Budi Karya Sumadi menegaskan, konektivitas infrastruktur jalan  di Indonesia, menjadikan tumbuhnya pusat ekonomi baru karena terjadi efisiensi dalam  waktu dan biaya yang berimbas pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
“Jadi kalau bicara konektivitas, OKI mendapat jalan tol yang paling panjang dan ini luar biasa. Infrastruktur itu adalah satu tanda bahwa daerah itu bakal maju karena adanya akses langsung jalan tol yang menghubungkan OKI – Palembang dan OKI-Lampung . karena itu juga Saya ditugaskan langsung oleh Presiden RI Jokowi karena daerah Kabupaten OKI sangat pontensial,”katanya.
Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan, Pemerintah pusat telah memberikan kontribusi besar kepada Provinsi Sumsel khususnya Kabupaten OKI salah satunya keberadaan jalan tol yang dalam waktu dekat akan segera difungsikan.
“Saat ini Kabupaten OKI memiliki jalan tol terpanjang mulai Trans Sumatera hingga Kapal Betung,” ucap HD.
Diakuinya selama kinerja empat tahun Presiden Jokowi telah mencurahkan dampak yang begitu besar kepada Provinsi Sumsel.
“Menteri Budi Karya Sumadi menujukkan kinerja empat tahun Presiden Jokowi dimana bidang beliau hampir tercurah 30 persen pendanaan itu ke Sumsel seperti LRT, Flyover dan pembangunan  jalan tol dan infarstruktur lainnya,” tegas HD.
Bupati Kabupaten OKI Iskandar  mengakui  telah terjadi  percepatan pembangunan di Kabupaten OKI terutama dampak positif dari  adanya   jalana tol  trans Sumatera sepanjang 112 KM.
“Kami harapkan jalan tol ini membawa suatu perubahan yang signifikan  terutama pertumbunhan ekonomi masyarakat OKI yang lebih baik lagi kedepan,” harapnya.
Iskandar menambahkan Kabupaten OKI mendapatkan 4 pintu tol,  tiga pintu tol telah rampung tersisa satu pintu tol  yang belum tuntas karena ada kendala. Yakni berada di daerah Mesuji Kabupaten OKI karena panjang muara tol itu 24 KM sedangkan menurut UU  dari Perhubungan cuma 6 KM.
“Masyarakat Kabupaten OKI dan menitipkan dengan saya agar dibuatkan pintu tol yang terkonektivas di daerah itu” harapnya. (dva)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *