Press "Enter" to skip to content

Cantiknya Pesona Danau Biru Sawahlunto Sumbar

Sawahlunto Sumbar | Lentera Rakyat.com — Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak potensi wisata, baik itu wisata alam maupun wisata kuliner. ┬áLantas siapa yang tak kenal dengan rendang, masakan Padang yang sudah mendunia? Atau Jam Gadang salah satu kebanggaan Sumatera Barat.

Tapi selain itu masih banyak tempat-tempat lain yang sangat indah, yang bisa dijadikan tujuan wisata jika kita ke Sumatera Barat.

Salah satunya adalah Danau Biru Sawahlunto. Danau ini terbentuk dengan tidak sengaja karena adanya aktifitas penambangan batubara. Dari literatur yang saya baca, aktifotas penambangan batubara yang berbentuk galian itu membentuk kuali besar yang kemudian berubah menjadi genangan, dan akhirnya menjadi Danau.

Air Danaunya berwarna biru, cantik sekali, ditambah dengan pemandangan disekitarnya, menambah kesan eksotis. Siapapun yang melihat Danau ini secara langsung akan terpesona dengan warna biru airnya, serasi dengan warna langit yang menaunginya jika diihat disiang hari.

Sayangnya, Danau Biru Sawahlunto sepertinya belum dikelola dengan baik. Andai saja dikelola dengan baik oleh pemerintah, dapat dipastikan Danau Biru akan menjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat umumnya, dan di Sawahlunto khususnya.

Saat ini untuk menuju ke Danau Biru, akses jalannya masih lah belum memadai. Jalan masih berbatubatu sangat identik dengan kawasan tambang. Selain itu , fasilitas pendukung pun masih sangat kurang. Tidak adanya toilet atau sekedar penjaja makanan.

Disana hanya ada satu pondok yang tidak teraqat dan kursi-kursi kayu, dan hanya ada satu spot foto yang warnanya sudah mulai pudar. Pagar pembatas untuk keamanan pengunjung pun belum ada, padahal struktur tanah yang berbukit-bukit sangat berbahaya apalagi untuk anak-anak.

Dan yang  terpenting adalah faktor kebersihan lingkungan, ketiadaan fasilitas pendukung membuat tong sampah menjadi sesuatu yang langka juga.

Saya berangan jika kawasan ini dikelola dengan baik, seperti halnya kawasan Tangkuban Perahu di Jawa Barat, tentu akan banyak menyedot wisatawan yang datang, dan akhirnya akan menambah pendapatan daerah.

Semoga kedepannya pemerintah kota Sawahlunto dapat fokus mengembangkan kawasan ini, sehingga menjadi salah satu pilihan destinasi wisata untuk para wisatawan yang akan berkunjung ke Sumatera Barat.

Oleh : Helmin Dwi Putranto
(Ketua Persit KCK Cabang 64 Kodim Sijunjung)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *