Press "Enter" to skip to content

Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran Masih Tersedia Kok

Jakarta | Lentera Rakyat.com – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan tiket kereta lebaran hingga Selasa sore sudah terjaual sebanyak 59%. Penjualan saat ini belum maksimal karena pemesanan masih terus dilakukan hingga H-1.

“Laporannya 59% hari ini, tetapi itu kan berjalan terus. Kalau dibilang tiket habis itu biasanya h-1 sampai h-5 dan h-6, h-7, h-8, h-9, h-10 kemungkinan masih banyak seat,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Menurutnya, pihaknya telah menyediakan penambahan tiket sebanyak 50 kali perjalanan dan sudah dijual sejak 2 bulan lalu. Dan tidak akan ada tambahan lagi karena sudah tidak memiliki kereta.

“Tiket tambahan sudah dijual h-60. Itu adalah 50 perjalanan kereta api. Dan ya totalnya sudah kita hitung semuanya. Sekarang itu sekitar 247 ribu per hari. Jadi itulah maksimum yang kita punya, karena disamping armada yang disiapkan untuk lebaran termasuk cadangan. Jadi armada yang sudah dikerahkan ini udah abis,” jelasnya.

Sedangkan bagi masyarakat yang nantinya belum mendapatkan tiket ia mengatakan tidak perlu khawatir karena H-2 hingga H-1 biasanya ada beberapa yang melakukan pembatalan. Itu bisa dimanfaatkan dengan terus memantau situs KAI.

“Tapi hati-hati karena biasanya menjelang lebaran orang suka membatalkan. Karena mutusin pergi sama keluarga, jadi akhirnya dibatalkan. Jadi, calon penumpang-penumpang kalau nggak dapat jangan berkecil hati. Nanti kalau ada yang batal ambil aja,” jelasnya.

Sementara itu, seluruh persiapan jalur mudik dinilai sudah sangat baik. Meski demikian, masih ada beberapa titik tertentu yang perlu diperhatikan karena masih rawan.

“Ada empat ya. Satu, longsor, ambles, kemudian banjir dan yang keempat, crossing sama mobil di perlintasan. Itu sangat rawan. Di DAOP 4 semarang, itu paling banyak,” tegasnya. (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *