Press "Enter" to skip to content

Sosialisasi ” SIKOWIL” Pada Personil Kodim 0307/TD

Sumbar | Lentera Rakyat.com — Setelah menerima Sosialisasi tentang Sikowil ( Sistem Informasi Komando Kewilayahan) di Makorem pada beberapa waktu yang lalu, Komandan Kodim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap tanpa menunggu waktu lama untuk melaksanakan Sosialisasi kepada seluruh anggota di jajarannya, sosialisasi dilaksanakan pada Jum’at 17 Mei 2019 di Aula Makodim Jln. Bagagatsya Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat.

Sebelum pelaksanaan dan penjelasan secara teknis kepada seluruh anggota Makodim diawali dengan pengarahan dari Komandan Kodim 0307/TD Letkol Inf Edi Sugianto Harahap.

Dalam arahannya disampaikan bahwa Sosialisasi SIKOWIL ini dilaksanakan untuk menjawab dan mengikuti
Implementasi dan Perkembangan sistem komunikasi yang semakin berkembang. Dalam menjawab dan mengikuti perkembangan tersebut, dalam hal ini Korem yang diprakarsai oleh Komandan Korem Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P memberikan sebuah solusi yaitu dengan adanya “Sikowil”.

Sistem Informasi Manajemen Komando Kewilayahan ini dimaksudkan untuk mengelola Administrasi & Dokumentasi, Pelaporan, Pengawasan, dan Koordinasi tentang berbagai kegiatan komando kewilayahan untuk manunggal dengan rakyat dalam rangka Sistim Keamanan Pertahanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) di jajaran Korem 032/Wirabraja.

Seperti yang disampaikan oleh Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beberapa waktu lalu bahwa “SIKOWIL” ini muncul untuk mencermati semakin kompleks dan dinamisnya perkembangan lingkungan strategis yang berpengaruh pada pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter), TNI memahami munculnya harapan masyarakat akan peran aktif Komando Kewilayahan melalui fungsi Binter untuk lebih responsif dalam membantu pemerintah daerah, institusi terkait dan masyarakat umum untuk mengatasi berbagai persoalan di wilayah.

“ Dengan latar belakang itulah TNI saat ini terus mengupdate kemampuan diri termasuk terus mengembangkan sistem aplikasi untuk membantu mengelola berbagai macam kegiatan komando kewilayahan secara lebih teratur, baik dari sisi pencatatan dan dokumentasi informasi, struktur data, penyusunan, penyajian, pengawasan dan pengendalian kegiatan. Demikian penegasan Danrem pada saat sosialisasi di Makorem.

Atas dasar itu juga Dandim 0307/TD untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh anggota agar Sikowil segera dipahami dan diaplikasikan oleh seluruh anggota dengan baik dan lancar.

Melalui “SIKOWIL” bagi Kodim 0307/TD diharapkan akan menjadi jawaban akan kebutuhan sistem komunikasi yang lebih mudah dan efektif. Tegas Dandim.

Lanjut Dandim menjelaskan bahwa aplikasi “SIKOWIL” pendekatannya Big data, yang terdiri dari data yang terstruktur dan data yang tidak terstruktur, memiliki ukuran, kecepatan atau ragam yang dapat dianalisis menjadi dasar pengambilan keputusan strategis.

“Nantinya aplikasi “SIKOWIL” akan terkoneksi ke Android Mobile APPS kemudian ke WABE BASE www. wirabaraja.id dan dari sini sitem kerjanya akan terkoneksi dengan BABINSA (Bintara Pembina Desa) sebagai Input data monitoring posisi, sehingga melalui Admin secara cepat informasi akan terdokumentasi dengan baik,” tegas Dandim (adi)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *