Press "Enter" to skip to content

Korem 032/Wbr Kembangkan Bios 44 Dilahan Limbah Eks Tambang

Sawahlunto Sumbar | Lentera Rakyat.com — Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta rombongan mengunjugi PLTU Desa Sijantang Kec.Talawi Kota Sawahlunto, kehadiran Danrem disambut langsung GM PLTU Ombilin Sawahlunto Daryanto dan staf Eddihan Wan, Chon S.T, Fred, Haji Id, serta Kasdim 0310 /SS.

Bertempat diruang rapat Adminstrasi kantor PLTU Ombilin, Danrem langsung menerima paparan tentang PLTU Ombilin yang disampaikan oleh Daryanto GM PLTU tentang Permasalahan yang dialami oleh PLTU Ombilin saat ini.
Disampaikannya ada beberapa masalah krusial yang saat ini di alami oleh PLTU Ombilin, yakni:

a. Penyimpanan sementara limbah abu dilokasi PLTU Ombilin sudah memenuhi kapasitas TPS dr bulan Juli 2017.

b. Izin penimbunan abu batu bara tidak dadat dilanjutkan karena analisis mengenai dampak lingkungan penimbunan batubara tidak berlanjut terkait IPPKH( ijin pinjam pakai kawasan hutan )

“ Oleh karenannya kami tentu berharap dari pertemauan ini, kedepan ada langkah cepat yang bisa diambil agar operasional Ombilin bisa berlanjut,” harapnya

Ditambahkannnya dengan tidak beroperasionalnya PLTU Ombilin tentu berdampak luas pula terhadap kesejahteraan pekerja yang selama ini menggantungkan diri dari hasil kerjanya di PLTU Ombilin.

Sementara itu, dalam sambutannnya Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengucapkan terimakasih kepada pimpinan PLTU Ombilin telah menerima kedatangannya beserta rombongan untuk memenatau secara langsung permasalahan yang dialami oleh pihak PLTU Ombilin.

Menururtnya, Korem disini membawa misi untuk merubah ekosistim dan lingkungan yang telah rusak melalui program korem 032/Wbr dengan menggunakan media inovasi yang telah dibuat yakni Bios 44.

“Selain Bios 44, kami sedang memikirkan riset-riset lain agar dapat temuan-temuan lain, contohnya untuk peternakan dan ini masih dikordinasi pihak pusat agar dapat menambah nilai ekonomis bagi masyarakat,” ungkap Danrem, minggu (21/07/2019)

Lebih lanjut Danrem beserta rombongan juga meninjau langsung Demplot Bios-44 tanaman Jagung di atas Limbah Abu Batu Bara PLTU Ombilin dan memberikan arahan kepada babinsa Serda Efriyadi yang menjalankan program uji coba Bios 44 di tanah bekas limbah abu batubara.

Dan meninjau lokasi pembuangan Abu Limbah Batu Bara PLTU Ombilin di area bekas tambang batu bara milik Jal yang terletak di Desa Salak,Sawahlunto, rombongan juga meninjau di lahan sawah milik Kewot tempat demplot Bios 44.

“ Tujuannnya, kita ingin memastikan bahwa program yang telah berjalan terpantau dengan baik, dan apa saja yang perlu kita tambah,” tegas Kunto (dhie)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *