Press "Enter" to skip to content

Danrem Pantau Hasil Normalisasi Irigasi Bendungan Siat

Sumbar | Lentera Rakyat.com — Danrem 032/Wirabaraja beserta rombongan meninjau hasil normalisasi irigasi Bendungan Siat yang terletak di Nagari Bojol Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya. Proyek normalisasi irigasi ini merupakan hasil MoU Korem 032/Wbr dengan Badan Air Prov.Sumbar.

Pada kesempatan tersebut Rombongan disambut oleh Wali Nagari Bonjol Walkasri, Sekcam Koto Besar Saprudin, serta Danramil 10/Koto Baru Kpt inf Haryono.

Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan bendungan yang  diresmikan pada thn 1985 ini sebelumnya mengalami penyempitan dan pendangkalan oleh lumpur sehingga debit air yang mengaliri ke persawahan masyarakat menjadi terhambat.

Adapun pengerjaan untuk pengerukan sedimen lumpur saluran irigasi batang siat sepanjang 4 km dilaksanakan lebih kurang 15 hari dan itu telah selasai  dilaksanakan pada kamis, 19 juli 2019 yang lalu .

“ Kita harap upaya bersama yang telah dilakukan tersebut, mampu membantu warga untuk mengatasi masalah air yang mengaliri persawahan mereka, dan hasil pertanian akan meningkat sesuai harapan,” kata Kunto.

Ditambahkannya, Irigasi ini dapat mengaliri persawahan yang ada di 3 kecamatan yakni: Kecamatan Koto Baru, Koto Besar dan Koto Salak. Sementara itu dampak positif dari pengerukan ini yang sebelumnya debit air kecil setelah dilakukan normalisasi ini ,debit air sudah lancar dan normal kembali.

Dampak tersebut tentu sudah bisa dirasakan kembali oleh masyarakat dan kedepan bisa dikembangkan untuk tempat wisata,” Tambahnya lagi. (adi)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *