Press "Enter" to skip to content

Listrik Ratusan Ribu Rumah di AS Putus Akibat Badai Dorian

Jakarta | Lentera Rakyat.com — Jaringan listrik ratusan ribu rumah di kawasan tenggara Amerika Serikat putus akibat diterjang Badai Dorian. Angin topan itu bergerak ke AS setelah menyapu Kepulauan Bahama.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (6/9), menurut Pusat Badai Nasional AS (NHC), Badai Dorian mendekat dengan laju 16 kilometer per jam. Namun, pusaran anginnya berkecepatan sampai 168 kilometer per jam.

Badai itu mendekat ke kawasan Pantai Myrtle, South Carolina.

Perusahaan listrik di negara bagian South Carolina, Dominion Energy Inc., menyatakan Badai Dorian memutus jaringan listrik terhadap sekitar 113,700 pelanggan.

Sedangkan perusahaan listrik Duke Energy yang memasok listrik di kawasan North dan South Carolina menyatakan jaringan listrik terhadap 27 ribu pelanggan mereka putus akibat badai itu.

Sedangkan di Florida, perusahaan listrik NextEra Energy Inc., menyatakan 160 ribu pelanggan mereka sempat mengalami kerusakan jaringan listrik akibat badai.

Korban jiwa akibat Badai Dorian di Kepulauan Bahama dilaporkan tembus menjadi 30 orang. Dua wilayah yang paling terdampak Badai Dorian di daerah itu adalah Pulau Abaco dan Pulau Grand Bahama.

Badai Dorian menyapu Bahama dengan kecepatan 295 kilometer per jam dan mengakibatkan hujan deras di Abaco dan Grand Bahama. Lokasi wisata pesisir itu kini hancur lebur.

Empat pemerintah negara bagian AS, yakni Florida, Georgia, dan North serta South Carolina mengungsikan sekitar 3 juta penduduknya untuk menghindari badai. (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *