Siswa SMK Kartika 1-2 Padang Rakit Pesawat Aeromodeling

Padang SumbarDion Baizar, seorang remaja yang merupakan siswa kelas XI SMK Kartika 1.2 Padang Sumatera Barat berhasil mengembangkan kreasi tanpa biaya mahal, yakni merakit sebuah pesawat aeromodeling.

Bahan yang digunakan untuk pesawat aeromodeling buatannya memanfaatkan barang bekas, hal itu karena statusnya yang masih pelajar dan memiliki dana terbatas, yang terpenting kreatifitas dapat dikembangkan.

Hobbynya bermain mobil RC (Remote Control) pulalah yang kemudian membuat ia mencoba merakit pesawat RC. Tak hilang akal untuk mencarai jalan mengakali biaya RC mahal, hingga akhirnya Dion Baizar untuk membuat pesawat RC sendiri.

Untukmemulai mebuat idennya menjadi nyata, ia mencoba mencari info bagaimana cara membuatnya dengan  belajar secara otodidak melalui internet, lalu membuat pesawat aeromodeling.

Ide yang cemerlang tersebut, mendapat dukungan dari pihak sekolah melalui bimbingan Guru Produktif TKJ, Zadri Hamid.

Hari-hari Dion Baizar selepas sekolah disibukkan dengan belajar membuat pesawat aeromodelling yang menjadi hobbynya. Setelah ilmu didapat Dion Baizar ternyata masih memiliki beberapa kendala yaitu bagaimana membuat bahan body pesawat aeromodelingnya.

“Alat elektroniknya sudah lengkap namun untuk membuat body pesawatnya masih kesulitan karena bahannya di Kota Padang tidak ada. Akhirnya saya mencoba berkreasi dengan memanfaatkan styrofoam bekas selain juga untuk menghemat biaya”, ungkap Dion.

Dion membuat pesawat aeromodelling ini dari bahan Styrofoam. Didalamnya dipasang serangkaian mesin sederhana yang terdiri dari motor penggerak dan alat penangkap sinyal yang berfungsi menerima perintah dari alat kendali yaitu Remote Control. Uniknya lagi, pesawat aeromodelling buatan Dion ini juga dilengkapi dengan tambahan kamera yang bisa terkoneksi langsung ke smartphone.

Senin (13/1/2020) kemarin pesawat aeromodeling hasil rakitan Dion inipun berhasil terbang dengan sukses yang disaksikan langsung oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Pembina dari Yayasan Kartika yang membawahi dari SMK Kartika tempat Dion menimba ilmu.

Kreatifitas yang dilakukannya selama ini mendapat dukungan dan apresiasi yang sangat positif dari Danrem 032/Wirabraja, dimana selama ini selalu aktif mengangkat dan menggali potensi lokal yang ada di Sumbar. Sejalan dengan program yang dilakukan oleh Danrem tersebut maka Dion diminta untuk dapat mengembangkan lagi hasil karyanya.

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wobowo secara khusus mengapresiasi hasil karya yang telah diperkenalkan oleh Dion Baizar, seorang remaja siswa kelas XI SMK Kartika 1.2, dan tentu ini adalah hasil karya anak bangsa yang patut didukung.

Sebagai bentuk dukungan, Pesawat Rakit Aeromodeling ini, kedepan rencannya akan digunakan di setiap Kodim jajaran Korem 032/Wirabraja, nantinya diharapkan dapat mendukung kelancaran tugas pokok dari TNI AD khususnya aparat kewilayahan.“Pengembangan dari hasil karyanya tersebut akan digunakan di setiap Kodim jajaran Korem 032/Wirabraja dimana nantinya dapat mendukung kelancaran tugas pokok dari TNI AD khususnya aparat kewilayahan”, Jelas Danrem. (dhie)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *