Press "Enter" to skip to content

Pemerintah Sebut Pasien Sembuh dari Corona Bisa Tertular Lagi

Jakarta | Lentera Rakyat.com — Juru bicara pemerintah khusus penanganan wabah Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 bisa saja kembali tertular.

“Jadi bukan penyakit kambuh, tapi ketularan lagi,” kata Yurianto di di Kompleks Istana Kepresidenan, Minggu (8/3).

Oleh karena itu, kata dia, edukasi tentang virus ini penting bagi masyarakat agar senantiasa berhati-hati dan waspada. Misalnya, penggunaan masker jika sedang sakit, rajin mencuci tangan, dan beberapa tindakan preventif lainnya.

“Kita harus tetap hati-hati karena penyakit ini pada awalnya tidak tunjukan gejala yang berat,” ujarnya.

Di sisi lain, Yurianto menyampaikan suspect Corona yang kemudian dinyatakan negatif bakal diminta untuk melakukan self isolate atau mengisolasi diri. Hal itu juga berlaku bagi pasien dalam pengawasan (PDP).

“Beberapa kasus yang kemudian PDP negatif dan sudah boleh pulang, maka langkah berikutnya kita akan melakukan self isolate,” ucap Yuri.

Self isolate yang dimaksud itu yakni pasien diminta untuk berada di dalam rumah selama 14 hari. Selama itu, kata Yurianto, yang bersangkutan diminta untuk menggunakan masker dan mengurangi kontak dekat dengan keluarga.

Yurianto menuturkan selama 14 hari pihak Dinas Kesehatan setempat ataupun puskesmas perlu melakukan pemantauan terhadap kondisi pasien tersebut.

“Kalau baik semua dan kita nyatakan tidak masalah maka bisa bersosialisasi seperti biasa,” ujarnya.

Diketahui, sejumlah pasien Virus Corona di sejumlah negara dinyatakan sembuh. Namun, beberapa di antaranya kembali tertular.

(red/dis/gil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *